Saputri, Riska Dianing (2011) Pengembangan media buku bergambar dalam pembelajaran satuan pengukuran berat siswa kelas II SDN Karangsari 02 Bantur-Malang / Riska Dianing Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci media buku bergambar satuan berat SD Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran karena dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari yaitu satuan pengukuran berat. Sehingga diperlukan gambar-gambar yang lebih dapat mengkonkritkan materi yaitu dengan media buku bergambar yang dapat memvisualisasikan gambar lebih mendekati konkrit dan tidak membutuhkan alat penunjang lain sehingga lebih praktis dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media buku bergambar yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika yaitu pada pembelajaran satuan pengukuran berat. Diharapkan media buku bergambar dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif dan efisien. Ada beberapa langkah dalam pengembangan media buku bergambar yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) analisa tujuan (3) pengembangan materi (4) penulisan naskah media pembelajaran (5) produksi (6) validasi (7) revisi. Subyek uji coba ahli media ahli materi audiens observer. Instrumen pengumpulan data angket dan lembar observasi. Untuk mengolah hasil validasi dari ahli media ahli materi dan audiens dengan menggunakan teknik prosentase kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan dari hasil observasi akan dipaparkan berdasarkan data yang terkumpul. Hasil pengembangan media buku bergambar yang diperoleh dari hasil validasi dari ahli media yang merupakan dosen pengembangan pendidikan kesenian SD mencapai tingkat kevalidan 82 5% dengan kriteria sangat valid ahli materi yaitu dosen matematika dan guru kelas II mencapai tingkat kevalidan 77 5% dengan kriteria valid dan 92 5% dengan kriteria sangat valid sedangkan audiens mencapai tingkat kevalidan 93 4% dengan kriteria sangat valid. Hasil observasi diperoleh bahwa media buku bergambar dapat meningkatkan kehandalan komunikasi memberikan gambaran nyata meningkatkan minat siswa dalam belajar dan dapat mencapai tujuan kompetensi yang diharapkan. Sehingga media buku bergambar valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Dalam pengembangan ini disimpulkan bahwa media buku bergambar mempunyai peranan penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Disarankan (1) pemanfaatan pada pertemuan 1 materi yang dipelajari halaman 2 s/d 16 dan pertemuan 2 halaman 17 s/d 35 (2) diseminasi produk subyek uji coba lebih luas (3) bagi pengembang lain dapat memproduksi media buku bergambar yang lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |