Pemberdayaan lembar kerja siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Popoh 3 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Irfa Nurohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan lembar kerja siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Popoh 3 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Irfa Nurohmah

Nurohmah, Irfa (2011) Pemberdayaan lembar kerja siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Popoh 3 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Irfa Nurohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemberdayaan LKS peningkatan aktivitas belajar siswa Mata pelajaran IPA tidak hanya merupakan kumpulan pengetahuan atau fakta saja tetapi IPA merupakan cara kerja cara berfikir dan cara memecahkan masalah. Dalam pembelajaran IPA Kelas IV SDN Popoh 3 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar bahwa pembelajaran membosankan karena masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru tidak menyusun LKS sendiri tetapi menggunakan LKS dari terbitan tertentu yang tidak menitikberatkan pada keterampilan proses. Untuk memecahkan masalah ini dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberdayakan LKS pada pembelajaran IPA dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV pada tahap pra tindakan (2) pelaksanaan pembelajaran melalui pemberdayaan LKS (3) aktivitas belajar siswa dalam Pembelajaran IPA di kelas IV pada setiap siklus (4) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV melalui pemberdayaan LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa SDN Popoh 3 kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan (field notes). Analisis data berpedoman pada analisis data penelitian kualitatif. Langkah-langkah analisis penelitian kualitatif meliputi (1) Reduksi data (2) Penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Pembelajaran melalui pemberdayaan LKS diperoleh aktivitas belajar semakin meningkat. dari persentase ketuntasan dari tahap pra tindakan 1 33 % meningkat pada siklus I menjadi 74% dengan kriteria cukup baik sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberdayaan lembar kerja siswa dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa siswa kelas IV SDN Popoh 3 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pemberdayaan LKS terbukti juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar IPA (dari skor rata-rata pra tindakan 59 meningkat menjadi skor 80 pada akhir tindakan). Saran yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah setiap guru hendaknya membuat LKS sendiri yang menitikberatkan pada keterampilan proses sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104081

Actions (login required)

View Item View Item