Pembelajaran model polya untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita siswa kelas 4 SDN Tanjungrejo 2 Malang / Rina Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran model polya untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita siswa kelas 4 SDN Tanjungrejo 2 Malang / Rina Sulistyowati

Sulistyowati Rina (2011) Pembelajaran model polya untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita siswa kelas 4 SDN Tanjungrejo 2 Malang / Rina Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran model Polya soal cerita operasi campuran Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada pelajaran matematika kelas IVA SDN Tanjungrejo 2 Malang dapat diketahui bahwa 1) Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan tanya jawab latihan soal dan diskusi 2) Tingkat penguasaan siswa terhadap materi masih rendah hal ini terbukti berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih banyak dibawah KKM yang ditentukan oleh sekolah 3) Siswa masih kesulitan dalam menghitung dan memahami soal cerita. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan siswa terhadap soal cerita sehingga hasil belajar akan meningkat. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan pembelajaran model Polya pada soal cerita operasi campuran yang dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Melalui studi pendahuluan peneliti menemukan berbagai permasalahan yang mendorong diadakannya penelitian. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan hakekat pembelajaran matematika 2) mendeskripsikan hasil belajar 3) mendeskripsikan pembelajaran model Polya pada soal cerita. Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IVA SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 45 siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan pembelajaran model Polya pada soal cerita operasi campuran dapat diketahui bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 70 75 dan meningkat menjadi 74 pada pertemuan II. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata untuk pertemuan I mencapai 77 2 dan meningkat pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 80 9. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita operasi campuran Data-data yang telah dipaparkan menunjukkan bahwa penerapan model Polya dapat meningkatkan hasil belajar pada soal cerita operasi campuran siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang. Disarankan kepada kepala sekolah guru dan peneliti lain agar menggunakan pemecahan masalah pada materi yang lain dengan melakukan berbagai inovasi dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104080

Actions (login required)

View Item View Item