The corelation between students mastery of past tense and their ability in writing recount texts / Naeni Septianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

The corelation between students mastery of past tense and their ability in writing recount texts / Naeni Septianingsih

Septianingsih, Naeni (2018) The corelation between students mastery of past tense and their ability in writing recount texts / Naeni Septianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Septianingsih Naeni. 2018. Korelasi antara Penguasaan Siswa terhadap Grammar dengan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Recount. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D. (II) Dr. Niamika El Khoiri M.A. Kata kunci Bentuk Lampau Tata Bahasa Teks Recount Menulis Korelasi Bahasa Inggris berperan penting dalam komunikasi Internasional. Di Indonesia bahasa Inggris diajarkan sebagai bahasa asing. Ada empat keterampilan dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa yakni membaca menulis mendengarkan dan berbicara. Selain itu kosa kata pelafalan dan tata bahasa juga diajarkan untuk mendukung tercapainya empat keterampilan tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada 60 siswa kelas sepuluh SMA Negeri 8 Malang. Penulis menggunakan dua instrumen yakni pilihan ganda dan isian untuk mengetes kemampuan siswa dalam memahami tata bahasa bentuk lampu dan menulis essay tentang pengalaman pribadi untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Setelah kedua tes dilakukan penulis menganalisis reliabiliti dan validasi untuk nantinya digunakan sebagai data yang dianalisis. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis menggunaka rumus Pearson untuk mengetahui korelasi antara dua variabel. Di dalam penelitian ini terdapat dua pertanyaan. Pertama apakah ada atau tidak hubungan atau korelasi antara pengetahuan siswa mengenai tata bahasa bentuk lampau dengan kemampuan siswa menulis teks recount. Dari hasil yang didapat penulis melakukan perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS dan hasil yang didapat sama yakni koefisien korelasi rxy sebesar 0.753. Selanjutnya hasil tersebut dibandingkan dengan rtable menggunakan signifikan 5%. Hasil menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy 0.753 lebih tinggi dari rtable 0.2144. Karena rxy lebih tinggi dari rtable maka hipotesis null ditolak. Jadi ada korelasi antara kemampuan siswa dalam pemahaman tata bahasa bentuk lampau dan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Pertanyaan selanjutnya apakah terdapat korelasi antara kemampuan siswa dalam pemahaman tata bahasa bentuk lampau dan nilai siswa pada penggunaan bahasa dalam menulis teks recount. Dari data yang diperolaeh dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata bahasa bentuk lampau semakin tinggi kemampuan siswa dalam menulis teks recount dan juga semakin tinggi pemahama siswa terhadap tata bahasa bentuk lampau semakin tinggi nilai siswa pada penggunaan bahasa dalam menulis teks recount. Hasil penelitian ini dapat menginformasikan kepada para guru vi bahwa pemahaman tata bahasa berperan penting sehingga para guru termotivasi untuk membuat strategi belajar untuk mengajar tata bahasa lebih baik lagi. Tata bahasa bukanlah satu-satunya aspek yang berperan penting dalam penulisan teks recount. Aspek lain seperti organisasi konten kosa kata dan mekanik penulisan juga ikut berperan dalam penulisan teks recount yang baik dan benar. Oleh karena itu untuk peneliti lain yang ingin meneliti dengan topik yang serupa mereka dapat mengkombinasikan antara tata bahasa bentuk lampau dan aspek lain dalam penulisan teks recount.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item