Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran expicit intruction siswa kelas 5 SDN Brodot 1 kecamatan Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang / Galuh Tisna Widiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran expicit intruction siswa kelas 5 SDN Brodot 1 kecamatan Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang / Galuh Tisna Widiana

Widiana Galuh Tisna (2011) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran expicit intruction siswa kelas 5 SDN Brodot 1 kecamatan Bandarkedungmulyo kabupaten Jombang / Galuh Tisna Widiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar Perkalian Explicit Instruction Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) siswa kurang terampil dalam menyelesaikan masalah perkalian (2) siswa sebagian besar hafal dengan perkalian namun kesulitan dalam teknik penyimpanan (3) guru tidak menggunakan media dalam. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap proses pembelajaran Matematika yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 25 siswa hanya 7 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau 8805 70 sedangkan 18 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 70. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Explicit Instruction. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas IV SDN Brodot I Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang (2) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Brodot I Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IVSDN Brodot I. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer dan rekan mahasiswa sebagai pengambil foto dalam proses pembelajaran perkalian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Explicit Instruction tentang perkalian pada kelas IV SDN Brodot I Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 28% pada siklus I pertemuan I 52% pada siklus I pertemuan II 60% siklus II pertemuan I 72% dan siklus II pertemuan II 84%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas IV SDN Brodot I Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang untuk menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi perkalian agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104078

Actions (login required)

View Item View Item