Peningkatan keterampilan siswa melakukan penyelidikan sederhana melalui model Discovery Inquiry dalam pembelajaran IPA kelas 4 SDN 1 boyolangu kabupaten Tulungagung / Fitri Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan siswa melakukan penyelidikan sederhana melalui model Discovery Inquiry dalam pembelajaran IPA kelas 4 SDN 1 boyolangu kabupaten Tulungagung / Fitri Andriyani

Andriyani, Fitri (2011) Peningkatan keterampilan siswa melakukan penyelidikan sederhana melalui model Discovery Inquiry dalam pembelajaran IPA kelas 4 SDN 1 boyolangu kabupaten Tulungagung / Fitri Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model discovery inquiry IPA keterampilan penyelidikan sederhana. IPA merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan langsung dengan ke-hidupan makhluk hidup dan alam semesta. Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV SDN I Boyolangu masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered). hanya melakukan apa saja yang diperintah guru sehingga ke-aktifan siswa tidak tampak. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Pe-nelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pem-belajaran IPA kelas IV SDN I Boyo-langu pada tahap pra tindakan (2) Keteram-pilan penyelidikan sederhana siswa kelas IV pada pem-belajaran IPA di SDN I Boyolangu pada tahap pra tindakan (3) Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery inquiry pada kelas IV SDN I Boyolangu pada se-tiap siklus (4) Keterampilan penyelidikan sederhana siswa kelas IV pada pembel-ajaran IPA dengan menggunakan model discovery inquiry di SDN I Boyolangu pada setiap siklus dan (5) Peningkatan keterampilan penyelidikan sederhana sis-wa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery inquiry di SDN I Boyolangu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif maksudnya yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu keterampilan penyelidikan sederhana pada tahap pra tindakan mendapat persentase sebesar 0% dengankriteria sangat kurang baik. Pada siklus I pertemuan I mendapat persentase sebesar 50% dengan kriteria kurang baik pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 60% dengan kriteria cukup baik dan pada pertemuan III mendapat persentase sebesar 70% dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 73 4% dengan kriteria baik pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 78 5% dengan kriteria baik dan pada pertemuan III mendapat persentase sebesar 83 2 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keteram-pilan siswa melakukan penyelidikan sederhana siswa kelas IV SDN I Boyolangu dengan menggunakan model discovery inquiry dapat meningkat. Berdasarkan simpulan tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas yaitu (1) Dalam melaksanakan pembelajaran sebaiknya guru memilih model pembelajaran yang bisa mengak-tifkan siswa untuk membangun pengetahuan sendiri tentang suatu materi sehing-ga pengetahuan yang diperoleh siswa dapat lebih bermakna dan (2) Dalam pene-rapan pembelajaran IPA hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat siswa berperan aktif mencari sendiri penyelesaian dari permasalah-an yang sedang dibahas salah satunya yaitu model pembelajaran discovery inquiry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104076

Actions (login required)

View Item View Item