Ningsih, Rachma Suprapti (2011) Problematika pembelajaran IPA kelas 5 materi peredaran darah manusia di sekolah dasar gugus 3 kecamatan pakisaji kabupaten Malang / Rachma Suprapti Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Problematika Pembelajaran IPA SD Peredaran Darah Manusia. Pembelajaran IPA selama ini dianggap sulit disebabkan karena banyaknya materi yang harus dipelajari. Salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA di kelas V adalah alat peredaran darah manusia. Pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi alat peredaran darah manusia. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa di SD Gugus III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang memperoleh nilai di bawah KKM. Problematika dalam mempelajari mata pelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia berkaitan guru dengan perangkat RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1). problematika dalam merencanakan pembelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia di kelas V SD (2). problematika dalam pelaksanaan pembelajaran IPA materi alat peredaran darah manusia di kelas V SD (3). problematika yang dialami siswa di kelas V SD pada saat mempelajari materi alat peredaran darah manusia. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Oleh karena melihat problematika ini bisa dilakukan di seluruh Indonesia di seluruh wilayah Malang satu Kecamatan namun karena keterbatasan waktu dalam penelitian ini maka peneliti mengadakan penelitian pada satu Gugus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh tiga kesimpulan. Pertama pada pelaksanaan pembelajaran sebagian besar guru tidak membuat RPP sebelum mengajar dengan alasan sudah terbiasa langsung mengajar tetapi ada juga guru yang membuat RPP tetapi RPP yang digunakan merupakan hasil kerjasama dalam KKG. Ada juga guru yang membuat RPP sendiri tetapi RPP yang dibuat guru tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan BSNP. Kedua pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah. Proses pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh guru. Sebagian besar guru pada saat menerangkan materi tampak tidak menguasai materi. Pembelajaran yang dilakukan guru masih monoton. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung guru tidak menghadirkan media. Memang ada juga guru yang menghadirkan media dalam proses pembelajaran tetapi media tersebut tidak berfungsi secara efektif. Ketiga problematika yang dialami siswa pada saat proses pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut karena materinya sulit misalnya siswa mengalami kesulitan dalam (1). membedakan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik (2). menjelaskan proses peredaran darah manusia (3). menjelaskan cara kerja jantung (4). menyebutkan penyakit yang dapat menyerang alat peredaran darah. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung adalah pada saat proses pembelajaran guru lebih dominan menerangkan sementara siswa hanya mendengarkan sambil mencatat. Pada proses pembelajaran tidak tampak kegiatan/ pemberian tugas kepada siswa yang bertujuan melibatkan siswa. Dari data hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil nilai ulangan harian pada materi alat peredaran darah manusia dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang pada materi alat peredaran darah manusia masih di bawah KKM. Sebaiknya dalam mengajarkan materi alat peredaran darah guru memperhatikan mulai dari komponen perencanaan dan pelaksanaan sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari materi alat peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |