Tingkat Keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat Keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Syarifah, Luluk (2011) Tingkat Keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Buku Sekolah Elektronik (BSE) tingkat keterbacaan dan bacaan yang bebas bias gender. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada guru-guru kelas IV SDN se-Kecamatan Garum Kabupaten Blitar menyatakan bahwa guru-guru tersebut menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE tersebut sebagai sumber belajar dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. Para guru tersebut belum memahami akan keterbacaan BSE yang mereka gunakan. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengetahui dan mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah tingkat keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar (2) apakah isi teks bacaan dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar sudah bebas dari bias gender. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar (2) mendeskripsikan isi teks bacaan dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) bebas dari bias gender. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis isi. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah elektronik yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional. Prosedur pengumpulan data keterbacaan BSE Bahasa Indonesia Kelas IV dengan menggunakan formula Simplified Measure of Gobbledygook (SMOG) dan menganalisis bacaan yang bebas dari bias gender. Hasil penelitian ini berdasarkan tingkat keterbacaannya BSEBI 1 persentasenya 20% BSEBI 2 persentasenya 26 6% BSEBI 3 persentasenya 7 7% BSEBI 4 persentasenya 22 2% dan BSEBI 5 persentasenya 10%. Berdasarkan bacaan yang bebas dari bias gender BSEBI 1 persentasenya 60% BSEBI 2 persentasenya 80% BSEBI 3 persentasenya 76 9% BSEBI 4 77 8% dan BSEBI 5 persentasenya 30%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat keterbacaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IV rendah. Hal ini ditunjukkan dari persentase tingkat keterbacaan BSE dengan rata-rata 17 3%. Sedangkan isi teks bacaan dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas IV yang bebas dari bias gender sudah baik. Hal ini ditunjukkan dari persentase bacaan yang bebas dari bias gender memiliki rata-rata 64 7%. Saran untuk penerbit yaitu Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional agar lebih selektif dalam menentukan kelayakan keterbacaan dan memperhatikan bacaan yang bebas bias gender dari buku-buku teks yang akan diedarkan. Para guru juga harus selektif dalam memilih buku teks untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104074

Actions (login required)

View Item View Item