Meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi melalui group field tour (GFT) pada kelas 5 SDN Binangun 2 Kabupaten Blitar / Dian Andik Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi melalui group field tour (GFT) pada kelas 5 SDN Binangun 2 Kabupaten Blitar / Dian Andik Saputra

Saputra, Dian Andik (2011) Meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi melalui group field tour (GFT) pada kelas 5 SDN Binangun 2 Kabupaten Blitar / Dian Andik Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar menulisdeskripsi group field tour (GFT) Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap pembelajaran menulis deskripsi siswa masih mendapatkankan nilai jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 70. Dari 15 siswa kelas V hanya 2 anak yang mendapata nilai 73 1 anak mendapatkan nilai 70 dan sisanya mendapat nilai di bawah 70 yakni pada kisaran 60 sampai dengan 68. Dengan rata rata nilai kelas 65. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikkan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan GFT. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis dekripsimelalui GFT pada siswa kelas V SD Negeri Binangun 2 Kabupaten Blitar (2) Apakah Group Field Tour (GFT) dapat meningkatkan keterampilan menulis dekripsisiswa kelas V SD Negeri Binangun 2 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Binangun 2 Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai perencana kegiatan pelaksana pembelajaran pengumpul data penganalisis data dan pelapor hasil penelitian. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V yang berperan sebagaipengumpul data dan pengamat situasi pembelajaran (observer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan GFT siswa kelas V SDNBinangun 2 kecamatan Binangun Kabupaten Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Presentase ketuntasan pada pratindakan 13% (2 siswa yang tuntas dengan skor 8805 70) sedangkan untuk persentase siswa tidak tuntas yaitu 87% (13 siswa yang tidak tuntas dengan skor 8804 70) pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 60% tuntas siklus 1 pertemuan 2 adalah 80% siswa tuntas siklus 2 pertemuan 1 adalah 87% siswa tuntas dan pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 100% siswa tuntas. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan guru kelas V Binangun 2 kecamatan binangun Kabupaten Blitar dalam pembelajaran menulis deskripsi untuk menggunakan metode GFTagar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104072

Actions (login required)

View Item View Item