Peningkatan hasil belajar luas persegi panjang dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) pada siswa kelas III di SDN Gedangan Kecamatan Campurdarat Tulungagung / Ika Defi Purwindha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar luas persegi panjang dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) pada siswa kelas III di SDN Gedangan Kecamatan Campurdarat Tulungagung / Ika Defi Purwindha

Purwindha, Ika Defi (2011) Peningkatan hasil belajar luas persegi panjang dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) pada siswa kelas III di SDN Gedangan Kecamatan Campurdarat Tulungagung / Ika Defi Purwindha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar luas persegi panjang model pembelajaran RME Prosedur pembelajaran matematika di SDN II Gedangan berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru. Namun kebanyakan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi luas persegi panjang. Siswa masih kebingungan dalam mencari luas persegi panjang. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran RME untuk meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN II Gedangan Kecamatan Campurdarat Tulungagung dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan luas persegi panjang dengan menggunakan model pembelajaran RME. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas III SDN II Gedangan dengan jumlah 24 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi 1) observasi 2) wawancara 3) tes dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan pembelajaran dengan mnggunakan metode RME yaitu 1) dilakukan dengan langkah-langkah memahami masalah kontekstual menjelaskan masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual mendiskusikan jawaban dan menyimpulkan. 2) Penerapan model pembelajaran RME meningkatkan hasil belajar siswa. Dari siklus I 60% dan siklus II 89% dengan kategori sangat baik hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yaitu 29%. Disarankan model pembelajaran RME tidak hanya digunakan hanya dalam pembelajaran mater Luas persegi panjang saja namun bisa digunakan untuk pembelajaran matematika lainnya misalnya dalam materi luas bangun datar persegi segitiga dan bisa juga digunakan untuk materi keliling bangun datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104071

Actions (login required)

View Item View Item