Candrawati, Henny (2011) Penerapan pendekapan realistic mathematic education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Mojokambang 1 Jombang / Henny Candrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Realistic Mathematic Education (RME) Pemahaman Konsep Bangun Ruang. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yang peneliti laku-kan di kelas IV pada waktu pembelajaran matematika adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri konsep (2) siswa kurang bisa memahami materi pelajaran (3) siswa yang ramai di dalam kelas cukup banyak (4) dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan (5) guru tidak menggunakan media pembelajaran.Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang di kelas IV SDN Mojokambang I Jombang (2) Apakah pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisa kelas IV SDN Mojokambang I Jombang . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneli-tian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mate-matika dengan penerapan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa. Hal ini terbukti dari peningkatan skor rata-rata pada setiap tahap. Pada siklus I persentase skor aktivi-tas guru mencapai 78% siklus II meningkat menjadi 89%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69% siklus II meningkat menjadi 83%. Pada obser-vasi pendahuluan skor rata-rata siswa sebesar 54 dengan kualifikasi kurang siklus I sebesar 69 dengan kualifiasi baik dan siklus II sebesar 75 dengan kualifikasi baik. Melihat keberhasilan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) tersebut disarankan bagi guru untuk menerapkan pendekatan RME pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |