Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model mastery learning (Belajar tuntas) siswa kelas IV SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar / Ratana Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model mastery learning (Belajar tuntas) siswa kelas IV SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar / Ratana Pratiwi

Pratiwi, Ratana (2011) Peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan melalui model mastery learning (Belajar tuntas) siswa kelas IV SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar / Ratana Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Matematika Model Mastery Learning (Belajar Tuntas) Hasil Belajar Dari hasil pengamatan proses belajar mengajar guru menggunakan model konvensional akibatnya pembelajaran matematika di SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar terdapat siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dapat tuntas hanya 30 % atau ketuntasan sejumlah 6 siswa dari 20 siswa. Sedangkan yang mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 70% sebanyak 14 siswa dari 20 siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh 51 5. Berdasarkan hasil pencapaian tujuan belajar persentasenya dibawah 65% dinyatakan tidak tuntas. Secara klasikal belum dapat dikatakan tuntas dalam belajar. Karena siswa yang memperoleh nilai 65 keatas hanya sebesar 30% lebih kecil dari ketuntasan kelas yang ditetapkan sebesar 75%. Berkaitan dengan hal tersebut maka pembelajaran tentang materi pecahan dapat menerapkan inovasi baru bagi pembelajaran siswa di SD tersebut yaitu dengan model Mastery Learning (belajar tuntas). Model tersebut dipilih karena diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi pecahan siswa kelas IV SD Islam Hasanul Amin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data kualitatif dilakukan dengan menelaah seluruh data mereduksi data menafsirkan data dan memberikan pemaknaan hasil. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap yaitu pra tindakan siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing tahap terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Penerapan model mastery learning (belajar tuntas) dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar dilaksanakan guru dengan baik. Berdasarkan data siklus 1 dapat dipaparkan bahwa ketuntasan belajar siswa 60% atau ketuntasan sejumlah 12 siswa dari 20 siswa. Sedangkan yang mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 40% sebanyak 8 siswa dari 20 siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh 67 5. Berdasarkan data pada siklus 2 dapat dipaparkan bahwa ketuntasan belajar siswa 85% atau ketuntasan sejumlah 17 siswa dari 20 siswa. Sedangkan yang mengalami ketidaktuntasan belajar sebanyak 15% berarti 3 siswa dari 20 siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh 81 25. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mastery learning (belajar tuntas) yang dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan pecahan siswa kelas IV SD Islam Hasanul Amin Kabupaten Blitar. Untuk itu guru hendaknya menerapkan model yang inovatif seperti model mastery learning (belajar tuntas) agar siswa lebih aktif dan senang dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat sehingga kualitas tujuan pembelajaran dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104068

Actions (login required)

View Item View Item