Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN II Plandaan Kabupaten Tulungagung / Martalita Yuliagustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN II Plandaan Kabupaten Tulungagung / Martalita Yuliagustina

Yuliagustina, Martalita (2011) Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN II Plandaan Kabupaten Tulungagung / Martalita Yuliagustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan berbicara metode role playing Hasil pengamatan pratindakan menunjukkan hasil penilaian pem-belajaran bahasa memperoleh nilai di bawah KKM yaitu beberapa kali ulangan keterampilan berbicara nilai rata-rata kelas hanya berkisar 59. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa Kelas V SDN II Plandaan Kabupaten Tulungagung dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran metode Role Playing pada siswa Kelas V SDN II Plandaan Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dari observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan setelah menggunakan metode Role Playing dalam keterampilan berbicara menunjukkan adanya peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai 70-80 persentasenya dari 26 09 % menjadi 39 13 % pada siklus I jika dibandingkan dengan kegiatan pratindakan selain itu juga pada siklus II pertemuan 1 juga terdapat peningkatan dari siklus I yaitu dari 39 13 % menjadi 52 17 %. Dan pada siklus II pertemuan 2 juga terdapat peningkatan dari siklus II pertemuan 2 yaitu siswa yang mendapat nilai antara 50 mengalami penurunan dari 4 35 % menjadi 0 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Dari hasil tersebut diharapkan agar senantiasa meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan pembelajaran baru yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104067

Actions (login required)

View Item View Item