Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas V SDN Dandong 01 kabupaten Blitar, / Liya Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas V SDN Dandong 01 kabupaten Blitar, / Liya Yunita

Yunita, Liya (2011) Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas V SDN Dandong 01 kabupaten Blitar, / Liya Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar luas bangun datar model pembelajaran Van Hiele Pembelajaran menghitung luas bangun datar di SDN Dandong 01 masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil observasi dari 23 siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran Van Hiele diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti sebagai guru bekerjasama dengan guru kelas V sebagai observer dan dilaksanakan di SDN Dandong 01 Kabupaten Blitar. Data diperoleh dari hasil observasi wawancara tes dan dokumentasi aktivitas siswa dalam pembelajaran. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data ialah berupa lembar aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Sedangkan kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data analisis data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pelaksanaan pembelajaran dengan model Van Hiele dapat dikatakan berhasil dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan ialah 63 2 dengan ketuntasan 34 8%. Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa ialah meningkat menjadi 79 3 dengan ketuntasan klasikal 73 9%. Sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 86 1 dengan ketuntasan klasikal 91 3%. Pada siklus 2 pertemuan 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa 80 8 dengan ketuntasan klasikal 82 6%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 1 dengan ketuntasan klasikal mencapai 95 7%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua simpulan yaitu pertama Pelaksanaan model pembelajaran Van Hiele dalam materi menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN Dandong 01 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Kedua Model pembelajaran Van Hiele dalam materi menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN Dandong 01 Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus 2 pertemuan 2 mencapai 21 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104066

Actions (login required)

View Item View Item