Pengaruh penerapan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V pada materi sistem pencernaan makanan di SDN Pandanwangi III Malang, / Yunia Permata Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V pada materi sistem pencernaan makanan di SDN Pandanwangi III Malang, / Yunia Permata Sari

Sari, Yunia Permata (2011) Pengaruh penerapan media audio visual terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V pada materi sistem pencernaan makanan di SDN Pandanwangi III Malang, / Yunia Permata Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media audio visual prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa siswa masih merasa kesulitan dalam menerima pelajaran karena materi sistem pencernaan makanan tidak cukup hanya dijelaskan melalui gambar saja. Untuk mengurangi verbalisme dan memudahkan siswa dalam menerima pelajaran perlu diusahakan agar siswa dapat menggunakan sebanyak mungkin alat indera yang dimiliki. Dengan adanya media audio visual berupa video animasi diharapkan siswa menjadi antusias tertarik dan mudah menerima pelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan 1) prestasi belajar IPA siswa kelas V menerapkan media audio visual materi sistem pencernaan makanan 2) prestasi belajar IPA siswa kelas V tanpa menerapkan media audio visual materi sistem pencernaan makanan 3) perbedaan prestasi belajar IPA yang sigifikan antara siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran menerapkan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tanpa media audio visual materi sistem pencernaan makanan di SDN Pandanwangi 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimennya quasi experimental design dengan teknik sampling jenuh subyek yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan perangkat tes prestasi belajar IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian nilai rata-rata perstasi belajar siswa kelompok eksperimen adalah 74 11 dan kelompok kontrol adalah 64 46 serta hasil gain score siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata skor perolehan pada kelompok eksperimen adalah 0 45 dan kelompok kontrol 0 25. Kesimpulan dari hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPA yang signifikan antara siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran menerapkan media audio visual dengan yang mengikuti pembelajaran tanpa media audio visual materi sistem pencernaan makanan di SDN Pandanwangi 3 Malang. Dari perhitungan gain score menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar siswa. Dari penelitian tersebut disarankan bahwa penerapan media audio visual dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki media pembelajaran di SDN Pandanwangi 3 Malang serta jika ingin meningkatkan prestasi belajar IPA materi sistem pencernaan makanan maka gunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104065

Actions (login required)

View Item View Item