Sari, Arini Kurnia (2011) Peningkatan hasil bealajar IPS melalui penggunaan media boneka tongkat di kelas III SDN Ponggok kabupaten Kediri, / Arini Kurnia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Peningkatan hasil belajar IPS Media Boneka Tongkat. Hasil belajar IPS di kelas III SDN Ponggok Kabupaten Kediri kurang memuaskan dari 34 siswa hanya 12 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Berdasarkan hasil pengamatan hal ini dikarenakan guru terlalu mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran tidak menyenangkan. Selain itu guru yang mengajar di SDN Ponggok masih belum mampu memilih dan menggunakan media yang tepat. Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya pemilihan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran yaitu media boneka tongkat jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga nilainya juga dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tongkat dalam pembelajaran IPS di SDN Ponggok Kabupaten Kediri (2) Untuk mendeskripsikan bahwa penggunaan media boneka tongkat dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Ponggok. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra tindakan hanya 12 siswa atau 35 29% dari 34 siswa yang tuntas belajar. Setelah diterapkan media boneka tongkat dengan metode diskusi pada siklus I pertemuan ke I meningkat menjadi 18 siswa atau 53% dari 34 siswa. Sedangkan pada siklus I pertemuan ke II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 20 siswa atau 59% dari 34 siswa. Namun hasil tersebut masih belum sesuai dengan harapan peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II pertemuan ke II peneliti menggunakan media boneka tongkat dengan memilih metode bermain peran siswa yang tuntas belajar mengalami kenaikan yaitu sebanyak 25 siswa atau 73 25% dari 34 siswa yang tuntas belajar. Pada siklus II pertemuan ke II hasil belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 28 siswa atau 83 35% dari 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media boneka tongkat dan peragaan-peragaan secara konkret tentang tugas dari masing-masing pekerjaan menjadikan siswa lebih senang dan menikmati pembelajaran sehingga pemahaman materi yang disampaikan guru dapat dimengerti oleh siswa daripada dengan metode diskusi. Saran bagi guru seharusnya dalam menggunakan media harus menyesuaikan dengan materi yang disampaikan dan pemilihan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |