Pengaruh pemanfaatan media powerpoint melalui penerapan model jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Polehan 2 Malang, / Arika Hary Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media powerpoint melalui penerapan model jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Polehan 2 Malang, / Arika Hary Cahyono

Cahyono, Arika Hary (2011) Pengaruh pemanfaatan media powerpoint melalui penerapan model jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Polehan 2 Malang, / Arika Hary Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan media powerpoint model jigsaw hasil belajar IPA. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VI SDN Polehan 2 Malang diperoleh temuan bahwa sekolah tersebut belum dapat menerapkan teknologi dalam pembelajaran guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan mempelajari materi dari buku paket atau masih bersifat teacher centered. Penggunaan media PowerPoint dapat menggabungkan semua unsur media seperti teks video animasi image grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian sehingga sesuai dengan modalitas belajar siswa dan karakteristik pembelajaran di SD. Penerapan model jigsaw turut menambah unsur-unsur interaksi sosial pada pembelajaran IPA. Model jigsaw dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media PowerPoint melalui penerapan model jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Polehan 2 Malang. Penelitian ini digolongkan ke dalam eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-test and post-test control group design dengan mengambil sampel penelitian dua kelas yaitu kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre test dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent diselesaikan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 73 42 sedangkan pada kelas kontrol 61 46 dengan nilai probabilitas (sig) 0 000. Dengan demikian nilai probabilitas 0 000 0 05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media PowerPoint melalui penerapan model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Polehan 2 Malang. Disarankan bagi sekolah yang mempunyai fasilitas memadai hendaknya dapat memanfaatkan media PowerPoint agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer. Bagi peneliti selanjutnya yang berniat mengadakan penelitian serupa hendaknya untuk mengembangkan penelitian ini agar hasil penelitian dapat menjadi masukan dalam menciptakan suasana proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104063

Actions (login required)

View Item View Item