Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode wawancara siswa kelas V SDN Gembongan 06 kabupaten Blitar, / Riza Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode wawancara siswa kelas V SDN Gembongan 06 kabupaten Blitar, / Riza Kurniawan

Kurniawan, Riza (2011) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode wawancara siswa kelas V SDN Gembongan 06 kabupaten Blitar, / Riza Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci berbicara metode wawancara. Sesuai dengan hasil temuan obsevasi lapangan di SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar pada kelas V dimana rendahnya keterampilan berbicara disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif. Hal inilah yang menyebabkan keterampilan berbicara siswa sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode wawancara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar dan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar melalui penerapan metode wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar. Teknik analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan metode wawancara dapat berjalan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dari 36% pada pratindakan menjadi menjadi 89 47% pada siklus I dan94 74% pada siklus II.Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode wawancara berjalan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V SDN Gembongan 06 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar guru menerapkan metode wawancara dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Selain itu guru juga harus aktif mencari informasi mengenai model pembelajaran inovatif yang lain agar menambah pengetahuannya mengenai model pembelajaran serta dapat memilih model pembelajaran yang sesuai untuk masalah pembelajaran yang sedang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104059

Actions (login required)

View Item View Item