Identifikasi miskonsepsi siswa dan guru terhadap konsep-konsep IPA kelas V semester 1 di gugus II kecamatan Kartoharjo kabupaten Magetan, / Restiana Widyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi miskonsepsi siswa dan guru terhadap konsep-konsep IPA kelas V semester 1 di gugus II kecamatan Kartoharjo kabupaten Magetan, / Restiana Widyasari

Widyasari, Restiana (2011) Identifikasi miskonsepsi siswa dan guru terhadap konsep-konsep IPA kelas V semester 1 di gugus II kecamatan Kartoharjo kabupaten Magetan, / Restiana Widyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci miskonsepsi siswa dan guru konsep-konsep IPA kelas V semester 1 Magetan Perkembangan IPTEK yang semakin pesat perlu diimbangi dengan adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar tidak kalah bersaing di dunia international. Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM adalah dengan peningkatan pendidikan dan keprofesionalitasan guru.Guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang baik sehingga siswa mampu memahami konsep-konsep dengan benar terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Konsepsi yang dimiliki siswa merupakan dasar untuk mempelajari konsep berikutnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak konsepsi yang ditemukan pada siswa SD yang belum benar dalam memahami konsep-konsep IPA tersebut. Kesalahan dalam pemahaman konsep ini sering disebut dengan miskonsepsi. Miskonsepsi siswa dapat terjadi karena beberapa sebab. Berkaitan dengan itu maka ada identifikasi miskonsepsi siswa dan guru untuk mengungkap penyebab miskonsepsi siswa. Metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan ini yaitu dengan cara melakukan tes kepada siswa dan guru kemudian ditindaklanjuti dengan wawancara kepada siswa dan guru serta langkah terakhir adalah dokumentasi buku ajar. Hasil dari pengamatan ini menunjukkan bahwa siswa dan guru masih mengalami miskonsepsi terhadap konsep-konsep IPA kelas V semester 1. Miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada semua konsep yaitu konsep bernapas pada manusia hewan dan tumbuhan konsep pencernaan pembuluh darah konsep fotosintesis serta cara menyesuaikan diri hewan dan tumbuhan. Miskonsepsi siswa paling banyak terjadi pada cara udara masuk ke paru-paru cara cacing bernapas gangguan pencernaan bagian organ yang dipotong saat operasi usus buntu dan pembuluh darah. Miskonsepsi guru paling banyak terjadi untuk letak klorofil cara udara masuk ke paru-paru cara cacing bernapas dan perbedaan ikan paus dan ikan hiu. Kesalahan konsep pada siswa tersebut disebabkan oleh 3 hal yaitu dari guru buku sumber belajar yang digunakan dan pengalaman siswa. Sedangkan miskonsepsi yang dialami guru disebabkan oleh pengetahuan guru dan buku sumber belajar yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104058

Actions (login required)

View Item View Item