Permainan Kartu Acak untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan Kartu Acak untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang

Feristasari, Devi (2011) Permainan Kartu Acak untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Permainan Kartu Acak Kosa Kata Anak Taman Kanak-kanak. Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya anak memiliki kosa kata tentang nama-nama buah. Peningkatan kosa kata pada anak usia dini sangatlah penting karena pada usia inilah daya ingat anak masih sangatlah bagus. Melalui permainan kartu acak diharapkan dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak terutama untuk peningkatan kosa kata anak.Penerapan pembelajaran untuk meningkatkan kosa kata masih belum memenuhi harapan hanya mencapai 46 93%. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan permainan kartu acak dalam meningkatkan kosa kata anak dan (2) mendiskripsikan peningkatan kosa kata anak melalui permainan kartu acak di Kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang sebanyak 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penggunaan permainan kartu acak dalam kegiatan pembelajaran terbukti dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kosa kata anak kelompok B TK Negeri Pembina I Kota Malang. Pada siklus I rata-rata kemampuan kosa kata anak sebesar 65 33% pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 82 00% terjadi peningkatan dalam kosa kata anak dari siklus I ke siklus II sebesar 16 67%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini disimpulkan sebagai berikut 1) permainan kartu acak dapat digunakan dengan baik untuk meningkatkan kosa kata anak kelompok B 2) penggunaan permainan kartu acak dapat meningkatkan kosa kata anak kelompok B. Sesuai dengan hasil tersebut maka disarankan kepada guru Taman Kanak-kanak dalam pembelajaran untuk meningkatkan kosa kata anak dapat menggunakan permainan kartu acak. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan masalah lain yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran lingkup pengembangan selain bahasa yaitu lingkup pengembangan kognitif fisik sosial emosional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104057

Actions (login required)

View Item View Item