Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Dwi Hinda Wiratna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Dwi Hinda Wiratna

Wiratna, Dwi Hinda (2011) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Dwi Hinda Wiratna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA model Two Stay Two Stray Berdasarkan observasi awal di SDN Tanjungrejo 2 Malang yang dilakukan pada tanggal 28 September 2011 diketahui bahwa pembelajaran IPA materi pokok Alat Indera dilakukan dengan ceramah kemudian siswa diminta untuk mengerjakan LKS. Dalam pembelajaran siswa terlihat bosan bermain-main sendiri mengganggu temannya dan sering ijin ke kamar mandi. Hasil belajar siswa kelas IV menunjukkan bahwa 60% siswa belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah yaitu 63. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternative pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang yang berjumlah 45 siswa. Standar Kompetensi yang digunakan yaitu memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang. Pada siklus I pertemuan 1 aktivitas siswa sebesar 56 7% dan meningkat pada pertemuan 2 yaitu sebesar 65% pada siklus II pertemuan 1 yaitu sebesar 78% kemudian meningkat pada pertemuan 2 yaitu sebesar 84%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai rata-rata 64 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 57 75% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 78 5 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82 92% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Malang. Saran bagi peneliti lain yang ingin melaksanakan model pembelajaran TSTS adalah perlu pengelolaan waktu dan kelas yang baik agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104056

Actions (login required)

View Item View Item