Peningkatan hasil belajar matematika melalui model realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas V SDN Kebonduren 02 kabupaten Blitar, / Ika Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas V SDN Kebonduren 02 kabupaten Blitar, / Ika Sulistyorini

Sulistyorini, Ika (2011) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model realistic mathematic education (RME) pada siswa kelas V SDN Kebonduren 02 kabupaten Blitar, / Ika Sulistyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bilangan bulat peningkatan hasil belajar realistic mathematics education Observasi awal di kelas V SDN Kebonduren 02 Kabupaten Blitar pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat belum memenuhi harapan karena 13 dari 20 siswa belum mencapai KKM. penyebabnya adalah siswa belum memahami konsep penjumlahan dan pegurangan bilangan bulat dan guru menyampaikan materi dengan metode ceramah pemberian tugas dan tidak menggunakan RPP. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan perbaikan mengenai pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Menjelaskan tentang penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model Realistic Mathematics Education (RME). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Data diperoleh dari aktifitas guru dan aktifitas siswa sedangkan instrumennya berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonduren 02 Kabupaten Blitar. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada prasiklus 57 siklus I 69 dan siklus II 77 . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 35% siklus I sebesar 60% dan siklus II 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kebonduren 02 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) sebagai salah satu pertimbangan dalam pembelajan matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104055

Actions (login required)

View Item View Item