Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pendekatan savi (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) siswa kelas III SDN Bendo 1 kota Blitar, / Winarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pendekatan savi (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) siswa kelas III SDN Bendo 1 kota Blitar, / Winarni

Winarni (2011) Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui pendekatan savi (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) siswa kelas III SDN Bendo 1 kota Blitar, / Winarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar perkalian pendekatan SAVI. Proses pembelajaran matematika di SDN Bendo I Kota Blitar guru melakukan metode ceramah guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan keaktifan siswa kurang. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman konsep sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Pendekatan SAVI (somatis Auditory Visual dan Intelektual) pada pembelajaran perkalian bilangan cacah siswa kelas III SDN Bendo I Kota Blitar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran perkalian bilangan cacah melalui pendekatan SAVI pada siswa kelas III di SDN Bendo I Kota Blitar tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas III SDN Bendo I Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar dengan jumlah 24 siswa. Teknik yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) angket (3) dokumentasi (4) tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendekatan SAVI dalam pembelajaran perkalian bilangan cacah menggunakan empat komponen yaitu Somatic Auditory Visual dan Intelektual. Serta menggunakan empat tahapan yaitu tahap persiapan tahap penyampaian tahap pelatihan dan tahap penampilan. Hasil penelitian ini melalui pendekatan SAVI dapat mengatasi masalah pembelajaran. Hal tersebut diketahui pada hasil belajar siklus 1 dengan ketuntasan 71% sedangkan siklus II tingkat ketuntasannya mencapai 88% telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam penerapan pendekatan SAVI siswa hendaknya lebih memaksimalkan segala modalitas belajarnya baik Somatis Auditory Visual dan intelektual dalam pembelajaran agar hasil belajar lebih maksimal jika menggabungkan ke empat aspek tersebut dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika hendaknya guru lebih mengutamakan pemahaman konsep siswa dari pada tingkat hafalan.Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih kreatif serta dapat melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran salah satu diantaranya dengan menggunakan pendekatan SAVI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104053

Actions (login required)

View Item View Item