Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kepala bernomor struktur pada siswa kelas III di SDN Dandong 02 kecamatan Srengat kabupaten Blitar, / Wahyu Dwi Retnoningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kepala bernomor struktur pada siswa kelas III di SDN Dandong 02 kecamatan Srengat kabupaten Blitar, / Wahyu Dwi Retnoningtyas

Retnoningtyas, Wahyu Dwi (2011) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kepala bernomor struktur pada siswa kelas III di SDN Dandong 02 kecamatan Srengat kabupaten Blitar, / Wahyu Dwi Retnoningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar matematika kepala bernomor struktur Pembelajaran matematika yang diselenggarakan pada kelas III ketika dilakukan observasi menunjukkan hasil belajar kurang optimal. Dari 24 siswa hanya 8 siswa yang dinyatakan tuntas belajar sedangkan 16 siswa lainnya masih memperoleh hasil belajar dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) 65 yang telah ditetapkan sekolah. Persentase hasil belajar siswa juga masih belum mencapai 75% dari seluruh jumlah siswa di kelas. Kenyataan inilah yang melatar belakangi diadakannya penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model kepala bernomor struktur terhadap peningkatan hasil belajar siswa 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah dilaksanakan pembelajaran melalui model kepala bernomor struktur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 tindakan yang berulang atau siklus. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian adalah penerapan pembelajaran matematika malalui model kepala bernomor struktur. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Dandong 02 tahun ajaran 2011-2012. Data penelitian diperoleh dari kajian dokumen observasi wawancara dan tes pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model kepala bernomor struktur dapat meningkatkan aktivitas siswa 2) pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model kepala bernomor struktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari nilai rata-rata lembar kerja proses dan tes akhir pembelajaran pada pratindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil belajar pratindakan sebesar 53 75 siklus I sebesar 74 8 dan siklus II sebesar 77 4. Disarankan kepada guru kelas III SDN Dandong 02 Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar untuk menerapkan model kepala bernomor struktur dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi hubungan antar satuan waktu agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104052

Actions (login required)

View Item View Item