Muttaqin, M.Iqbal (2011) Perbaikan kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi (penalaran) dalam pembelajaran IPA kelas V melalui pendekatan CTL di SDN Tlumpu kota Blitar, / M.Iqbal Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci perbaikan berpikir tingkat tinggi pendekatan CTL. Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN Tlumpu Kota Blitar dilaksanakan secara konvensional dengan metode ceramah dan penugasan berupa soal yang bersifat hafalan dan ingatan sehingga siswa pasif dalam pembelajaran dan kemampuan siswa dalam berfikir tingkat tinggi (penalaran) kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan mengungkap kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi (penalaran) dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Tlumpu Kota Blitar pada tahap pratindakan (2) mengetahui dan mengungkap pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pendekatan CTL untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi (penalaran) di SDN Tlumpu Kota Blitar pada tiap siklus (3) mengetahui dan mengungkap kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi (penalaran) dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar melaluia pendekatan CTL pada tiap siklus dan (4) mengetahui dan mengungkap peningkatan kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi (penalaran) dalam pembelajaran IPA di SDN Tlumpu kota Blitar melalui pndekatan CTL. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi (penalaran). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai tes akhir siswa pada tiap tahap. Pada pratindakan ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 17% siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 20%. Ditinjau dari keberhasilan penerapan pendekatan CTL disarankan bagi guru untuk memiliki kemampuan dalam membuat soal untuk memperbaiki kemampuan berpikir tingkat tinggi (penalaran) siswa guru tidak lagi sebagai pusat pembelajaran tetapi siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran guru mampu menghadirkan dunia nyata siswa dalam pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari sehingga siswa mampu memecahkan masalah yang ia hadapi dan guru dapat memilih pendekatan yang tepat dalam pembelajaran agar siswa aktif dan senang mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |