Penerapan model clis untuk membenahi miskonsepsi struktur daun dan bunga di kelas IV SDN Blayu 01 kecamatan Wajak kabupaten Malang, / Umi Salamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model clis untuk membenahi miskonsepsi struktur daun dan bunga di kelas IV SDN Blayu 01 kecamatan Wajak kabupaten Malang, / Umi Salamah

Salamah, Umi (2011) Penerapan model clis untuk membenahi miskonsepsi struktur daun dan bunga di kelas IV SDN Blayu 01 kecamatan Wajak kabupaten Malang, / Umi Salamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Miskonsepsi IPA Model Children Learning In Science(CLIS) Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional kegiatan pembelajaran didominasi dengan penyampaian materi tanpa adanya praktik mengakibatkan siswa pasif pembelajaran berlansung di dalam kelas belum pernah menggunakan media. Selain itu diketahui bahwa banyak siswa mengalami kesulitan pemahaman konsep hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test yang diberikan diketahui miskonsepsi pada fungsi daun bagi tumbuhan bagian-bagian daun tulang daun fungsi bunga bagi tumbuhan bagian-bagian bunga penggolongan bunga. Hasil pre-test menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan 65 yaitu 8 siswa (26 66%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa (73 33%). Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui konsepsi awal siswa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model CLIS untuk membenahi miskonsepsi konsepsi akhir siswa setelah diterapkan model CLIS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan refleksi perbaikan rencana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara tidak terstruktur dokumentasi dan catatan lapangan. Pengumpulan data konsepsi akhir siswa dengan memberikan tes tulis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penyusunan RPP dan penerapan model CLIS aktivitas siswa dokumentasi berupa foto dan hasil kerja siswa catatan lapangan dan tes tulis. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data berupa angka sebagai pendukung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga simpulan berikut konsepsi siswa mampu dibenahi dan sesuai dengan konsep ilmiah penerapan model CLIS mata pelajaran IPA kelas IV mampu membenahi miskonsepsi dan meningkatkan pembelajaran IPA materi struktur daun dan bunga konsepsi akhir siswa tentang struktur daun dan bunga setelah diterapkan model CLIS mampu membenahi miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan hal ini juga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian disarankan bagi guru diharapkan dapat menerapkan model CLIS sebagai alternatif untuk membenahi miskonsepsi dan meningkatkan pembelajaran IPA perlu adanya penelitian yang lebih lanjut karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian lebih lanjut tentang model CLIS dengan konsep yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104046

Actions (login required)

View Item View Item