Pengaruh penerapan model pembelajaran VAK (visual auditory, kineatitetik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Reni Dwi Lestari I - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran VAK (visual auditory, kineatitetik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Reni Dwi Lestari I

Lestari, Dwi Reni (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran VAK (visual auditory, kineatitetik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang, / Reni Dwi Lestari I. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran VAK Hasil Belajar IPA. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA kelas IIIA dan IIIB SDN Tanjungrejo 2 Malang pada tanggal 15 Agustus 2011 di sekolah dasar tersebut belum pernah menggunakan model pembelajaran VAK. Berdasarkan dokumen hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai untuk kelas IIIA yaitu 60 dan rata-rata nilai kelas IIIB yaitu 54. Rata-rata nilai kedua kelas ini masih rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan penugasan. Pembelajaran IPA tidak hanya pembelajaran yang menghafal konsep IPA tetapi juga yang melibatkan aktivitas siswa dalam menemukan dan memahami suatu konsep melalui kegiatan fisik seperti demonstrasi percobaan observasi dan diskusi aktif. Model pembelajaran VAK terdapat 3 tahapan yaitu tahap visual auditory dan kinestetik. Dengan menerapkan model pembelajaran VAK maka akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) Bagaimanakah hasil belajar IPA siswa kelas IIIA pada materi benda dan sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran VAK di SDN Tanjungrejo 2 Malang (2) Bagaimanakah hasil belajar IPA siswa kelas IIIB pada materi benda dan sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SDN Tanjungrejo 2 Malang (3) Adakah perbedaan hasil belajar IPA pada materi benda dan sifatnya antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penerapan model VAK di SDN Tanjungrejo 2 Malang Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test and post-test group. Subjek penelitian ini adalah kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IIIA dan IIIB. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari kemampuan awal (pre test) dan kemapuan akhir (post test). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dapat diketahui dari selisih antara pre test dan post test (gain score) kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IIIA sebgai kelompok eksperimen dan siswa kelas IIIB sebagai kelompok kontrol. Rata-rata nilai kemampuan akhir (post test) siswa kelompok eksperimen 85 21 lebih tinggi dari pada rata-rata nilai kemampuan akhir (post test) siswa kelompok kontrol 76 63. Rata-rata peningkatan nilai hasil belajar (gain score) siswa kelompok eksperimen 28 13 lebih tinggi dari pada rata-rata nilai hasil belajar (gain score) siswa kelompok kontrol 18 80. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh penerapan model pembalajaran VAK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III materi benda dan sifatnya SDN Tanjungrejo 2 Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan dalam proses pembelajaran perlu disampaikan kepada siswa tujuan dan langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran VAK dan untuk peneliti lanjutan diharapkan dapat menjadi masukan dan mengontrol variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104043

Actions (login required)

View Item View Item