Kusuma, Dwi Ratna Bayu (2011) Peningkatan hasil belajar PKN dengan model experiential learning pada siswa kelas 5 SDN 2 Dandangan kota Kediri, /Dwi Ratna Bayu Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hasil belajar PKn Experiential learning. Pemilihan Penerapan Experiential Learning sebagai judul penenilitian dalam pembelajaran PKn adalah karena masih rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri. Selama beberapa pertemuan terakhir nilai rata rata kelas kurang dari 65. Persentase ketuntasan siswa hanya 20%. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal salah satunya adalah selama ini pembelajaran yang dilakukan guru hanya mengunakan metode ceramah tanpa menggunakan media apapun. Hal tersebut membuat motivasi siswa kurang dan berakibat pada rendahnya hasil belajar. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Experiential Learning pada pembelajaran PKN di kelas V semester ganjil tahun ajaran 2011 2012 SDN 2 Dandangan Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) rancanan penelitian dirancang sebanyak dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri semester ganjil tahun ajaran 2011 2012. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Kegiatan refleksi dilakukan setiap akhir siklus dan digunakan sebagai penentuan tindakan pada siklus berikutnya.Tahap penelitian dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V sebagai observer Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penerapan experiential learning dapat meningkatkan hasil belajar PKN kelas V SDN 2 Dandangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai naiknya persentase ketuntasan pelaksanaan pembelajaran jika pada pra siklus persentase ketuntasan hanya 20% pada siklus I menjadi 70%. Sedangkan pada siklus II sebesar 93%. Persentase aktivitas guru dalam pembelajaran PKn dengan penerapan experiential learning mengalami peningkatan di tiap siklusnya pada pra siklus persentase keaktifan guru hanya 14 % pada siklus I persentase aktivitas guru menjadi 61% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Dandangan Kota Kediri hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa baik secara individu ataupun kelompok. Dengan pembelajaran yang terkoordinasi dengan baik dari penyampaian informasi tentang materi pembelajaran kepada siswa pembentukan kelompok yang hiterogen pemberian tugas secara berkelompok pelaksanaan langkah langkah experiential learning dalam pembelajaran serta dengan pengawasan dan bimbingan oleh guru pada kegiatan yang dilakukan siswa maka pembelajaran akan dapat mencapai hasil yang lebih baik dan lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |