Peningkatan kemandirian belajar siswa pada proses pembelajaran IPA melalui penggunaan modul di SDN Karangtengah 01 kota Blitar / Dian Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemandirian belajar siswa pada proses pembelajaran IPA melalui penggunaan modul di SDN Karangtengah 01 kota Blitar / Dian Kurniawati

Kurniawati, Dian (2011) Peningkatan kemandirian belajar siswa pada proses pembelajaran IPA melalui penggunaan modul di SDN Karangtengah 01 kota Blitar / Dian Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemandirian belajar Pembelajaran IPA Modul Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas V yang menunjukkan bahwa tingkat kemandirian dalam belajar IPA masih kurang berkembang. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih belum mencapai target yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada kegiatan pratindakan.(2) Untuk mendeskripsikan penggunaan modul pada tiap siklus. (3) Untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa melalui penggunaan modul pada tiap siklus. (4) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam belajar kemandirian dalam menggunakan modul serta kemandirian belajar siswa meningkat setelah menggunakan pembelajaran dengan modul. Pada pembelajaran pratindakan siswa yang mandiri dalam aktivitas di kelas sejumlah 32% siklus 1 44% dan siklus 2 mencapai 77%. Sedangkan jumlah persentase kemandirian siswa dalam menggunakan modul pada siklus 1 mencapai 55% dan pada siklus 2 mencapai 89%. Untuk kemandirian belajar siswa persentase yang dicapai 32% siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 82%. Temuan di luar sasaran menujukkan bahwa kemandirian belajar siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa yang mencapai skor di atas 80 pada pratindakan sebesar 61% siklus I sebesar 84% dan siklus II sebesar 93%. Sehingga kesimpulan yang diperoleh bahwa kemandirian siswa dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan modul Melihat keberhasilan penerapan pembelajaran modul disarankan bagi guru untuk memberikan petunjuk dengan jelas pada saat pembelajaran modul. Selain itu disarankan untuk menerapkan pembelajaran modul pada kompetensi dasar lain pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104041

Actions (login required)

View Item View Item