Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui teknik skimming di kelas IV SDN Karangsari 3 kota Blitar / Diny Mega Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui teknik skimming di kelas IV SDN Karangsari 3 kota Blitar / Diny Mega Larasati

Larasati, Diny Mega (2011) Peningkatan kemampuan membaca cepat melalui teknik skimming di kelas IV SDN Karangsari 3 kota Blitar / Diny Mega Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca teknik skimming. Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang konvensional dan tidak menggunakan teknik pembelajaran yang bisa memperjelas pemahaman siswa dalam menemukan pikiran pokok sehingga pembelajaran terkesan monoton dan siswa menjadi bosan. Membaca siswa masih dalam tahap per kata dalam menjawab pertanyaan isi bacaan mereka masih melihat teks bacaan yang telah mereka baca untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang dituliskan. Dalam membaca mereka memerlukan waktu yang cukup banyak hanya untuk membaca bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Ketuntasan kelas hanya mencapai 42% dari jumlah siswa dalam satu kelas yang mencapai ketuntasan. Yakni dari 24 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan masih 10 siswa dan 14 siswa lainnya masih belum tuntas. Berdasarkan kenyataan tersebut maka perlu dilakukan pemilihan metode dan teknik yang sesuai dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat untuk menemukan pikiran pokok yaitu teknik membaca Skimming. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan dalam pembelajaran membaca cepat menemukan pikiran pokok dengan teknik skimming. dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan teknik skimming dalam peningkatan kemampuan membaca siswa kelas IV SDN Karangsari 3 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini penelitian berlangsung sebanyak tiga putaran (siklus). Masing-masing putaran terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada pelaksanaan teknik Skimming diperoleh rata-rata persentase kegiatan siklus I 67% siklus II 75% dan siklus III 83%. Untuk hasil penerapan teknik Skimming terhadap peningkatan pembelajaran membaca pada materi menemukan pikiran pokok diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 62% siklus II 67% dan siklus III 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Skimming dapat meningkatkan pembelajaran membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk guru menggunakan teknik Skimming dalam pembelajaran membaca cepat dalam menemukan ide pokok agar siswa lebih meningkat dalam proses dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104038

Actions (login required)

View Item View Item