Purwanti, Heri (2011) Pengaruh modal role playing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Sumberejo 01 Gedangan Malang / Heri Purwwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengaruh pembelajaran model role playing motivasi IPS SD Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumberejo Gedangan 01 Malang pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2011 guru kelas V melaksanakan pembelajaran dengan metode ceramah dan metode penugasan. Guru mulai awal masuk kelas sampai akhir pembelajaran hanya aktif menjelaskan di depan kelas siswa pasif dalam pembelajaran. KKM yang telah ditentukan untuk matapelajaran IPS yaitu 8805 70. Berdasarkan ulangan harian pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok Keragaman Budaya dan Suku Bangsa di Indonesia diperoleh data dari 26 jumlah siswa kelas V yang ikut ulangan harian terdapat 14 siswa tuntas belajar dan 12 siswa belum tuntas belajar sehingga harus mengikuti pelajaran remidi. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain pre-test and post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sumberejo 01 Gedangan Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu 26 siswa kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa kelas VA sebagai kelompok kontrol. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh model role playing terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SDN Sumberejo 01 Gedangan Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang tinggi dan respon positif terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan model role playing. Dari 10 item pernyataan yang telah diberikan mayoritas siswa menjawab dengan jawaban sangat setuju dan setuju. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t maka dapat disimpulkan bahwa model role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung dan nilai signifikansi untuk post test. Nilai thitung dan nilai signifikansi untuk posttest berturut-turut sebesar -8 383 dan 0 000 sedangkan ttabel sebesar 2 0086. Perbandingan menunjukkan bahwa nilai posttest memiliki thitung ttabel. Selain itu didapatkan pula nilai signifikan 945 0 05 sehingga dapat disimpulkan tolak Ho atau terima Ha yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi treatmen maupun kelas kontrol terhadap nilai posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model role playing berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS kelas V di SDN Sumberejo 01 Gedangan Malang. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar menerapkan model role playing dalam pembelajaran IPS khususnya materi pokok Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |