Pengaruh penerapan model inquiri terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN Sumberejo 02 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Endah Setio Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model inquiri terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN Sumberejo 02 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Endah Setio Rini

Rini, Endah Setio (2011) Pengaruh penerapan model inquiri terhadap hasil belajar IPS Kelas V SDN Sumberejo 02 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Endah Setio Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Inquiri Hasil Belajar IPS SD. Tes Awal penelitian menunjukan dalam pengisian soal pre-tes baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol siswa masih banyak mengalami kesulitan untuk menjawab soal. Hal ini terjadi karena penyampaian materi tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia yaitu menggunakan model pembelajaran Inquiri melalui tahapan-tahapan sebagai berikut (1) Pemberian Permasalahan (2) Melakukan Pengamatan (3) Menganalisis dan menyajikan hasil karya dan (4) Mengkomunikasikan dan menyajikan hasil karya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh penerapan model Inquiri terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran IPS menggunakan model Inquiri . Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan sampel 52 siswa yang terbagi kedalam dua kelas yaitu 26 siswa sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan model Inquiri dan 26 siswa sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran secara konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Jenuh. Instrumen perlakuan meliputi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data kemampuan awal siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol dan Hasil belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan thitung 2 986 dan ttabel 2 0086 pada taraf signifikansi 945 0 05. Sehingga dari data yang diperoleh dapat disimpulkan karena thitung ttabel maka tolak Ho dan terima H1 sehingga terdapat pengaruh antara kelas eksperimen yang menggunakan model Inquiri dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar. Hasil belajar IPS siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab lebih rendah dengan rata-rata 74 5 dan siswa kelas eksperimen yang menggunakan model Inquiri lebih tinggi dengan rata-rata 79 5 sehingga pembelajaran dengan model inquiri berpengaruh. Saran dalam penelitian ini antara lain penggunaan model pembelajaran Inquiri dapat memberikan hasil yang baik maka diperlukan adanya kesempurnaan pelaksanaan pembelajaran dan membina hubungan baik dengan siswa perlu dilakukan penelitian kembali di beberapa sekolah yang mengalami kondisi serupa agar hasil yang diperoleh dapat dijadikan pembanding bagi peneliti selanjutnya bagi guru IPS di SD untuk menggunakan beberapa model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104035

Actions (login required)

View Item View Item