Peningkatan pembelajaran IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Abid Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Abid Ardiansyah

Ardiansyah, Abid (2011) Peningkatan pembelajaran IPA melalui model problem solving pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Abid Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Solving Pembelajaran IPA SD Pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA yang bersifat teacher centered menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal pra tindakan 42 85% dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas 65 95. Untuk menyelesaikan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa peniliti memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Problem solving. Melalui penerapan model pembelajaran Problem solving siswa akan aktif melakukan percobaan untuk memecahkan masalah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok perubahan lingkungan fisik dan pencegahnya di kelas IV MI Miftahul Ulum Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA serta (3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving pada pembelajaran. Penelitian ini termasuk penilitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif interaktif yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Tehknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tehknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan di lapangan. Subyek penilitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penilitian ini yaitu penerapan model pembelajaran problem solving dapat merubah kegiatan pembelajaran yang bersifat teacher centered menjadi student centered dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Prosentase ketuntasan hail belajar klasikal siklus-1 yaitu 71% dengan nilai rata-rata 65 53. Prosentase ketuntasan hail belajar klasikal siklus-2 yaitu 100% dengan nilai rata-rata 85 92. Berdasarkan kesimpulan diatas maka agar siswa memiliki daya nalar yang tinggi dan mampu memecahkan masalah maka guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran Problem solving khususnya pada pembelajaran materi perubahan lingkungan dan pencegahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104034

Actions (login required)

View Item View Item