Analisis buku ajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas V Sekolah Dasar (SD) / M. Fahrizal Nurdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku ajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas V Sekolah Dasar (SD) / M. Fahrizal Nurdiansyah

Nurdiansyah, M. Fahrizal (2011) Analisis buku ajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas V Sekolah Dasar (SD) / M. Fahrizal Nurdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Buku Ajar Kesesuaian Pendekatan Penulisan Materi Sistem Evaluasi Dengan Kurikulum KTSP. Buku ajar adalah salah satu sarana dalam proses belajar mengajar. Untuk mendukung proses belajar mengajar diperlukan buku ajar. Buku ajar membantu siswa memahami pelajaran. Oleh karena itu diperlukan buku ajar yang baik yang melibatkan siswa dan menuntun siswa berpikir kreatif. Buku ajar digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran. Namun saat ini masih ada beberapa buku yang belum sesuai dengan kurikulum KTSP baik dari segi pendekatan penulisan kompetensi maupun sistem evaluasi Oleh karena itu untuk mengatasi kondisi seperti itu para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menelaah buku ajar. Dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Apakah terdapat kesesuaian antara pendekatan penulisan dalam kurikulum KTSP dengan naskah yang tertuang dalam buku ajar PKn SD Kelas V terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri (2) Apakah terdapat kesesuaian antara kompetensi dalam kurikulum KTSP dengan naskah yang tertuang dalam buku ajar PKn SD Kelas V terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri (3) Apakah terdapat kesesuaian antara sistem evaluasi dalam kurikulum KTSP dengan naskah yang tertuang dalam buku ajar PKn SD Kelas V terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Untuk memecahkan masalah tersebut penelitian dirancang dengan model analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar PKn SD/MI Kelas V yang ditulis oleh Ruliana Kuswartinah penerbit Tiga Serangkai Pustaka Mandiri tahun terbit 2009. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen. Data yang dikumpulkan sebagai berikut pertama kesesuaian pendekatan penulisan pada pelajaran 1 2 dan 3 sesuai dengan pendekatan filosofis konstruktivisme namun pada akhir pembahasan belum ada konfirmasi jawaban yang tepat sedangkan pelajaran 4 sesuai dengan pendekatan filosofis kognitivisme. Sudah tertulis pendekatan kurikuler yang berupa SK KD dan tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran terpadu kedua kesesuaian materi dari 4 SK dan 10 KD dijabarkan menjadi 36 indikator tetapi 16 indikator pembelajaran tidak dibahas ketiga kesesuaian sistem evaluasi terdapat 380 sistem evaluasi aspek kognitif 10 sistem evaluasi aspek afektif dan tidak terdapat sistem evaluasi aspek psikomotor. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pertama Pendekatan penulisan buku ajar tidak sesuai dengan pendekatan dalam kurikulum KTSP kedua Materi dalam buku ajar kurang sesuai dengan kompetensi dalam kurikulum KTSP ketiga Sistem evaluasi dalam buku ajar cenderung pada aspek kognitif sedangkan untuk aspek afektif hanya terdapat afektif yang bersifat kognitif saja dan tidak terdapat aspek psikomotor. Saran-saran dari hasil penelitian pertama ii penulis hendaknya melakukan revisi pada buku ajar PKn kelas V kedua bagi guru atau calon guru sebelum mempergunakan buku ajar guru dapat menelaah kesesuaian materi buku ajar dengan kurikulum KTSP dan guru bisa mengembangkan sendiri materi jika indikator belum dicantumkan atau memanfaatkan sumber belajar yang lain. Ketiga bagi peneliti lain hendaknya dapat meneliti materi buku ajar PKn sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan karakteristik siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104033

Actions (login required)

View Item View Item