Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama di kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kec. Sukun Kota Malang / M. Ridwan Asyrofy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama di kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kec. Sukun Kota Malang / M. Ridwan Asyrofy

Asyrofy, M. Ridwan (2011) Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama di kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kec. Sukun Kota Malang / M. Ridwan Asyrofy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS) kemampuan memerankan tokoh drama. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas VA SDN Tanjungrejo 5 Kec. Sukun Kota Malang pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi memeranakan tokoh drama didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik minat belajar siswa sehingga hasi1 belajar siswa rendah. Rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 37 31dengan ketuntasan kelas 30 77% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 70 00 untuk hasil belajar dan 70% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model ARIAS yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Tanjungrejo 5 Kec. Sukun Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model ARIAS dapat dilaksanakan dengan efektif dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Aktivitas pembelajaran tersebut meliputi memperhatikan media video drama latihan permodelan pemeranan dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ARIAS untuk materi memerankan tokoh drama yaitu Siswa tampak menunjukkan peningkatan aktivitas belajar dan juga guru sukses dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan RPP model pembelajaran ARIAS dengan perolehan skor 21 dari total skor 22 (95 45%). Kemampuan memerankan tokoh drama siswa pada penelitian ini meliputi intonasi pelafalan dan ekspresi. Teks drama yang diberikan pada siswa telah disesuaikan dengan kemampuan siswa. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 78 53 dan ketuntasan kelas 73 08% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 82 05 dan ketuntasan kelas mencapai 88 46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana rujukan penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan dan melakukan persiapan yang matang permodelan hendaknya lebih ditekankan lagi dan menggunakan media yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104031

Actions (login required)

View Item View Item