Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa kelas III SDN Lesanpuro 4 Kota Malang / Sulistiyah Larasfitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa kelas III SDN Lesanpuro 4 Kota Malang / Sulistiyah Larasfitri

Larasfitri, Sulistiyah (2011) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa kelas III SDN Lesanpuro 4 Kota Malang / Sulistiyah Larasfitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata- kata Kunci Hasil Belajar Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada umumnya guru IPA di Sekolah Dasar hanya terpaku pada penggunaan metode ceramah penggunaan pendekatan pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan dengan hanya menggunakan metode ceramah hasil belajar siswa masih rendah banyak yang belum mencapai ketuntasan belajar dan aktivitas siswa cenderung pasif. Sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa diperlukan berbagai metode dan pendekatan lain yang bervariasi yang dapat dijadikan alternatif pengganti metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Lesanpuro 4 Kota Malang sebelum diterapkan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) (2) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) (3) mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart melalui dua siklus (siklus I dan II). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Lesanpuro 4 dengan jumlah siswa 39 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan STM mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa bisa mencapai 75 2% meningkat pada siklus II menjadi 85 5% dan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan rata- rata sebesar 66 3 meningkat pada siklus II menjadi 81 7. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru IPA hendaknya menerapkan pendekatan pembelajaran STM sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104030

Actions (login required)

View Item View Item