Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Davis Dwi Cahyo Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Davis Dwi Cahyo Nugroho

Nugroho, Davis Dwi Cahyo (2011) Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Davis Dwi Cahyo Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Pembelajaran IPA SD Berdasarkan hasil observasi dilakukan oleh peneliti pada Kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa guru menyampaikan pembelajaran IPA secara lisan tertulis di papan tulis memberikan contoh-contoh memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah bagi siswa namun hasil belajar yang diharapkan tidak maksimal. Selain itu ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang masih setia dengan metode konvesional yaitu ceramah dan tanya jawab tanpa diselingi dengan model pembelajaran yang lain sehingga suasana pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa. Dari nilai siswa pada materi Sifat- Sifat Cahaya menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 57.8 dengan ketuntasan kelas 30% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 70 untuk hasil belajar dan 75% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran IPA (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru mata pelajaran IPA Kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada pembelajaran IPA siswa Kelas VC SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang dengan Standar Kompetensi 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/ model dan Kompetensi Dasar 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Keaktifan siswa pada pembelajaran dengan penerapan model CRH meningkat dari 84 27 pada awal siklus I menjadi 96 46 pada akhir siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari ratarata 57.8 dan ketuntasan kelas 30% sebelum tindakan menjadi rata-rata 76 63 dan ketuntasan kelas mencapai 76 25% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Dalam pembelajaran menggunakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104029

Actions (login required)

View Item View Item