Korelasi intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus 2 Kota Malang / Wuri Amelia Fitris - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus 2 Kota Malang / Wuri Amelia Fitris

Fitris, Wuri Amelia (2011) Korelasi intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus 2 Kota Malang / Wuri Amelia Fitris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Intensitas Belajar Prestasi Belajar Matematika. Selama ini siswa merasa matematika sebagai mata pelajaran yang ditakuti dan tergolong sukar karena siswa tidak mengerti kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hambatan inilah yang menjadikan kurangnya intensitas siswa dalam belajar sehingga berpengaruh dalam proses pembelajarnya. Penelitian ini dilaksanakan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimanakah tingkat intensitas belajar matematika siswa SD kelas V di Gugus 2 Kota Malang (2) Mendeskripsikan bagaimanakah prestasi belajar matematika siswa SD kelas V di Gugus 2 Kota Malang (3) Mendeskripsikan apakah terdapat korelasi intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD kelas V di Gugus 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di Gugus 2 Kota Malang terletak di wilayah Kecamatan klojen Kota Malang dengan sampel 73 siswa sekolah dasar yang duduk di bangku kelas V.Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket) sedangkan teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar siswa SD kelas V di Gugus 2 Kota Malang mempunyai rata-rata sebesar 46 45. Prestasi belajar matematika siswa kelas V di Gugus 2 Kota Malang mempunyai rata2 sebesar 57 49. Dalam penelitian ini terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar matematika hal ini berarti semakin tinggi tingkat intensitas belajar maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini analisis menggunakan rumus korelasi product moment. Ditunjukkan oleh Nilai rhitung 0 419 dan sig (p) 0 325. Dimana p 0 05. H0 ditolak dan Ha diterima. Disarankan bagi sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi bahan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran matematika. Bagi guru mata pelajaran matematika disarankan guru bisa menjadi pembimbing dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi supervisor dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi motivator dalam proses belajar siswa dan menjadi evaluator terhadap hasil belajar yang telah dicapai siswa. Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang intensitas belajar mata pelajaran matematika pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya dengan menambah variabel-variabel lain untuk meningkatkan prestasi belajar maupun hasil belajar siswa . Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka dalam berfikir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104026

Actions (login required)

View Item View Item