Duha, Muhamad Syamsi (2011) Peningkatan hasil belajar IPS kelas IV melalui model konstruktivisme di SDN Ringinanom 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Muhamad Syamsi Duha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar IPS Konstruktivisme. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pembelajaran IPS kelas IV di SDN Ringinanom 01 masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa pada tes akhir pembelajaran dari 21 siswa hanya 7 siswa atau 33 33% siswa sudah mencapai nilai diatas KKM dan 14 siswa atau 66.66% siswa masih dibawah KKM. Di mana kriteria ketuntasan minimal untuk mata pelajaran IPS adalah 60. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Konstruktivisme. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model Konstruktivisme pada pembelajaran IPS dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ringinanom 01 setelah menggunakan model Konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus dengan dua kali pertemuan yang masingmasing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Ringinanom 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Data diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi (aktivitas siswa dan guru di dalam kegiatan pembelajaran). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV dari pra tindakan adalah 33 33% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 57 14% sehingga terjadi peningkatan sebesar 23 81%. Sedangkan siklus II mencapai 76 19% hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 19 05%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70% dan hasil aktivitas guru pada siklus II adalah 87 5 %. Data hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 57 40 % sedangkan aktivitas siswa pada siklus II adalah 80 42%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model Konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ringinanom 01 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |