Marlay, Albertina (2011) Penerapan model example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Albertina Marlay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Example Non Example IPS SD Siswa Sekolah Dasar (SD) khususnya siswa kelas IV diharapkan dapat memiliki hasil belajar yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana penerapan Example Non Example pada siswa kelas IV SDN madyopuro 5 Kota Malang. (2) apakah model pembelajaran example non example dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kota Malang. (3) apakah model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kota Malang yang berjumlah 46 anak dengan rincian laki-laki 23 dan perempuan 23 anak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi LKS pedoman wawancara soal tes. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data menjadi dua yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk data kuantitatif diperoleh dari instrumen tes. Hasil penelitian menunjuhkan bahwa peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Kota Malang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat diketahui dari hasil pra tindakan sebesar 62 66% siklus 1 sebesar 72 82% siklus 2 sebesar 81 73% siswa dengan menggunakan model Example Non Example. Secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD dapat ditingkatkan melalui model Example Non Example Disarankan kepada guru untuk menggunakan model example non example dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD maupun di kelas yang lain. Penerapan model example non example merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD sehingga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104023 |
Actions (login required)
View Item |