Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang / Wahyu Triwidhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang / Wahyu Triwidhianto

Triwidhianto, Wahyu (2011) Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang / Wahyu Triwidhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Peta Aktivitas dan Hasil Belajar IPS SD. Pengajaran IPS khususnya di tingkat Sekolah Dasar mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk kebiasaan sikap serta kemampuan dasar yang diperlukan siswa untuk perkembangan selanjutnya. Selain itu pengajaran IPS harus dapat membantu siswa dalam pengembangan kemampuan sosial yang diperlukannya bukan saja untuk berkomunikasi melainkan juga untuk menyerap berbagai nilai serta pengetahuan yang dipelajari. Hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Cemorokandang 3 Malang jarang dalam kegiatan belajar IPS menggunakan media peta. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan media sangat tepat digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media peta sangat diperlukan agar pembelajaran IPS tidak bosan dan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran IPSdan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa semakin meningkat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media peta dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas penggunaan media peta terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media peta pada kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa Lembar Kerja Siswa dan Tes evaluasi. Hasil dari penelitian setelah dilakukan tindakan kelas menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus mengalami kenaikan yaitu siklus I (57 69%) dengan rata-rata prestasi belajar (65 39) siklus II (73 08%) dengan rata-rata prestasi belajar (71 15) dan siklus III (88 46%) dengan rata-rata prestasi belajar (76 92) Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cemorokandang 3 Malang pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti bahwa pada setiap pembelajar yang dilakukan pada siklus 1 sampai 3 mengalami peningkatan dan dapat mencapai ketuntasan dalam belajar. Untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media peta pada pelajaran IPS memerlukan persiapan yang cukup matang sehingga dapat diterapkan secara efektif sehingga dalam proses belajar mengajar diperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104022

Actions (login required)

View Item View Item