Peningkatan kemampuan memahami isi teks dengan model pembelajaran SQ3R siswa kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Singgih Dwi Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami isi teks dengan model pembelajaran SQ3R siswa kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Singgih Dwi Prasetyo

Prasetyo, Singgih Dwi (2011) Peningkatan kemampuan memahami isi teks dengan model pembelajaran SQ3R siswa kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Singgih Dwi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran SQ3R Pembelajaran Bahasa Indonesia Kemampuan Memahami isi teks. Model pembelajaran SQ3R adalah yang pada prinsipnya merupakan singkatan dari langkah-langkah mempelajari teks atau buku yang terdiri dari (1) mensurvai isi ( survey S ) (2) mengajukan pertanyaan yang dapat membimbing kita dalam kegiatan membaca ( question Q ). (3) Membaca isi ( read R1 ) (4) Menceritakan isi bacaan dengan kata-kata kita sendiri ( recite R2 ) (5) Meninjau kembali isi bahan bacaan itu apakah yang kita ceritakan dengan kata-kata sendiri itu sesuai dengan isi yang sebenarnya atau tidak (review R3 ). Dan membaca bacaan kurang dari 150 kata. Berdasarkan hasil observasi dilakukan oleh peneliti di kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan masih menggunakan cara konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dari hasil ulangan harian siswa pada materi menemukan kalimat utama menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 59 5 dan hanya ada 11 siswa (55%) dari 20 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65. Untuk itu agar dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menerapkan Model Pembelajaran SQ3R untuk pada siswa Kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang (2) Meningkatkan kemampuan memahami isi teks dengan Model Pembelajaran SQ3R siswa Kelas IV SDN Purwoasri 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model SQ3R lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104020

Actions (login required)

View Item View Item