Peningkatan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran think pair and share di kelas V SDN bendosari 1 kabupaten Blitar / Isbah Nur Khoiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran think pair and share di kelas V SDN bendosari 1 kabupaten Blitar / Isbah Nur Khoiri

Khoiri, Isbah Nur (2011) Peningkatan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran think pair and share di kelas V SDN bendosari 1 kabupaten Blitar / Isbah Nur Khoiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara model pembelajaran think pair and share. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menanggapi peristiwa adalah sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran didominasi oleh guru (2) materi disampaikan secara ceramah (3) ketika guru mengajukan sebuah pertanyaan siswa menjawabnya secara bersama-sama (4) dominasi oleh siswa-siswa yang pandai karena kelas dikondisikan dalam kelompok besar dan (5) guru kurang memperhatikan keterampilan berbicara siswanya. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dan penting dikuasai siswa karena berguna bagi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think pair and share dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Bendosari 1 kecamatan Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara secara bertahap pada siklus I pertemuan 1 sebesar 25 % siklus I pertemuan 2 sebesar 42 % siklus II pertemuan 1 sebesar 58 % dan siklus II pertemuan 2 sebesar 75%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair and share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru senantiasa memperhatikan aktivitas berbicara siswa di setiap pelajaran serta meningkatkan kualitas dan kinerjanya dengan menambah pengetahuan dan keterampilannya dalam menerapkan model-model pembelajaran yang baru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104013

Actions (login required)

View Item View Item