Hermareti, Rika (2011) Peningkatan keterampilan menulis buku harian dengan menggunakan pendekatan intesitas di kelas IV SDN Percobaan 1 Malang / Rika Hermareti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pendekatan Intensitas Keterampilan Menulis Menulis Buku Harian Sekolah Dasar Menulis buku harian adalah kegiatan menulis yang bersumber pada pengalaman siswa. Pengalaman tersebut merupakan sesuatu yang pernah dialami dilaksanakan ditanggung atau yang diperoleh melalui persepsi indrawi. Siswa bisa berekspresi lebih dalam penulisan buku harian. Isi buku harian harus memuat berbagai unsur agar menjadi susunan yang baik. Diantaranya ialah harus ada cerita waktu dan hari/tanggal tempat dan tokoh-tokohnya. Disini kita dapat mengukur intensitas siswa dengan cara melihat banyaknya tulisan anak dalam buku hariannya masing-masing dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menggunakan pendekatan intensitas untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan implementasi keterampilan menulis buku harian siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang dengan menggunakan pendekatan intensitas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis buku harian siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang dengan menggunakan pendekatan intensitas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang. Data diperoleh dengan menggunakan metode pengamatan langsung wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan pendekatan intensitas pedoman wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa. Hasil dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa pengunaan pendekatan intensitas dapat meningkatkan keterampilan menulis buku harian siswa kelas IV SDN Percobaan 1 Malang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I yaitu 10.84 (60.25%) dan meningkat menjadi 15.07 (83.70%) pada siklus II. Guru harus lebih kreatif dan intensif kepada seluruh siswa dalam proses belajar mengajar agar siswa mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi. Pengunaan pendekatan intensitas akan membuat siswa lebih terampil dalam pembelajaran khususnya menulis pendekatan intensitas ternyata mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan efektif dan menyenangkan. Dari uraian diatas dapatlah dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan pendekatan intensitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |