Penerapan Model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yermia M Laelaem - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yermia M Laelaem

Laelaem. Yermia M (2011) Penerapan Model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Yermia M Laelaem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Quantum Teaching Motivasi Hasil Belajar IPS Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran di sekolah apalagi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan penerapan model quantum teaching terlihat jelas bahwa motivasi dan hasil belajar siswa sangan meningkat. Quantum Teaching adalah model pembelajaran yang menguraikan cara- cara baru dalam memudahkan belajar proses belajar mengajar lewat pemanduan unsur seni dan pencapaian- pencapaian yang terarah. Selain itu quantum teaching merupakan panduan praktis dalam belajar yang berusaha mengakomodir setiap bakat siswa atau dapat menjangkau setiap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mana permasalahan diperoleh dari dalam kelas. Sementara pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 27.90% Setelah titerapkan pembelajaran model quantum teaching pada siklus I dan siklus II maka pada hasil pos tes siklus I hanya 28 (65.12 %) siswa yang mampu memperoleh nilai di atas standar keberhasilan yang ditetapkan (64.76 %) dan 15 (34.88%) siswa lainnya belum mencukupi standar yang ditetapkan dengan rata-rata kelas adalah 66.62 %. Sedangkan pada siklus dua rata-rata kelas meningkat menjadi 41 (95.34 %) siswa dan tingkat keberhasilan siswa berkurang menjadi 2 (4.62 %) siswa. Oleh karena itu secara klasikal rata-rata nilai siswa dalam kelompok maupun individu siswa belum berhasil karena masih ada 2 siswa belum berhasil dalam proses pembelajaran sedangkan yang berhasil hanya 41 siswa. Dengan diterapkankannya model quantum teaching terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Madyopuro 1 Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan menambah wawasan pengetahuan bagi peneliti lain sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching baik dalam pembelajaran IPS maupun pada pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104011

Actions (login required)

View Item View Item