Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran problem basic intruction (PBI) / Yubelina Elsurun - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran problem basic intruction (PBI) / Yubelina Elsurun

Elsurun, Yubelina (2011) Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran problem basic intruction (PBI) / Yubelina Elsurun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Model Problem Basic Intruction (PBI) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri Madyopuro5 tergolong masih rendah. Hal tersebut diantaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran di SD jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh siswa dan membosankan. Dalam hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk mempertimbangkan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI). Pada dasarnya Problem Basic Intruction (PBI) sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam tugas- tugasnya. Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) (3) Bagaimana keaktifan siswa saat pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) . Tujuan penelitian ini (1)Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model Pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) (2)Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) (3) Mendeskripsikan keaktifan siswa saat pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing kemudian mereka mempresentasikan hasil di depan kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) kemampuan siswa dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah dapat ditingkatkan. Selain itu siswa menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan IPS dalam kehidupan bermasyarakat. Variasi penerapan model pembelajaran ini dapat juga menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 1510 menjadi 1750 Berdasarkan penelitian bahwa prestasi belajar IPS yang diperoleh siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang nilai rata-ratanya meningkat pada siklus I yaitu 68 63 menjadi berkisar 79 54 pada siklus II. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena itu peneliti menyarankan agar model pembelajaran Problem Basic Intruction (PBI) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104010

Actions (login required)

View Item View Item