Boger, Lenora (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 1 kecamatan Kedungkandang kota Malang / Lenora Boger. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kooperatif Numbered Heads Together Hasil Belajar IPS Pendidikan merupakan upaya sadar yang mengangkat harkat dan martabat manusia. Dengan pendidikan seseorang dapat mencapai keinginan dan cita-citanya atau dengan kata lain pendidikan merupakan faktor penting untuk mengatasi masalah kemiskinan dan kebodohan yang selama ini melilit sebagian dari kehidupan bangsa kita. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Kooperatif model Numberd Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 1. (2) Mendeskripsikan apakah penerapan model Kooperatif Numbeered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kelompok belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN Madyopuro 1 Keacamatan Kedungkandang Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing- masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 1. Hasil dari penelitian ini siswa pada pra tindakan yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar yang dicapai siswa adalah 46 58 dengan 12 siswa (29 27 %) yang sudah mencapai ketuntasan dan 29 siswa (70 73 %) yang belum mencapai ketuntasan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang serta mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Madyopuro 1 Setelah Melaksanakan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together. Peningkatan Keaktifan siswa dalam kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah penerapan Model Kooperatif Numbered Heads Together siswa kelas IV SDN Madyopuro 1. Bagi guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disarankan untuk mencoba lebih semaksimal mungkin menerapkan model atau pendekatan tertentu pada proses pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa. Selain itu pendekatan seperti ini harus sering mungkin digunakan meskipun pada materi yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model yang sama dalam pengajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104009 |
Actions (login required)
View Item |