Korelasi bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III di SDN Bareng 4 kecamatan Klojen kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III di SDN Bareng 4 kecamatan Klojen kota Malang

Khotimah, Khusnul (2011) Korelasi bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III di SDN Bareng 4 kecamatan Klojen kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bimbingan Belajar Orang tua Prestasi Belajar Siswa Pendidikan bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan membentuk budi pekerti yang luhur sesuai dengan cita-cita yang diinginkan oleh setiap siswa. Selain dilaksanakan di sekolah pendidikan juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Salah satu penyebab turunya prestasi siswa di sekolah adalah kurang adanya bimbingan belajar yang diberikan orang tua kepada anaknya dalam proses belajar di rumah. Hal ini terjadi karena adanya beberapa hal diantaranya keadaan ekonomi yang sulit sehingga memaksa orang tua untuk bekerja keras mencari nafkah di luar rumah selama sehari penuh kesibukan kedua orang tua di luar rumah pendidikan yang dianyam orang tua rendah sehingga orang tua kurang berpengalaman untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 35 wali murid siswa kelas III di SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wali murid kelas III SDN Bareng 4 memiliki rentangan bimbingan belajar dengan taraf nilai sangat tinggi adalah 16 responden (45 71%) dengan taraf nilai tinggi adalah 13 responden (37 14%) taraf nilai sedang adalah 3 responden (8 57%)dan sisanya memiliki taraf nilai rendah 3 responden (8 57%). Dengan demikian bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN Bareng 4 memiliki taraf bimbingan yang sangat tinggi. Disarankan bagi wali murid lebih meningkatkan pemberian bimbingan belajar kepada putra-putrinya dengan cara membimbing waktu belajar menegur bila salah memberikan motivasi belajar serta menyediakan alat-alat belajar dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada saat dirumah. Bagi kepala sekolah diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelejaran di sekolah serta dapat mengoptimalkan peran serta orang tua kepada siswa. Bagi guru sebagai mediator dan motivator yang harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif mampu menciptakan suasana belajar yang sehat dan mampu mengarahkan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan penuh kesadaran. Bagi peneliti selanjutnya agar meneliti lebih lanjut mengenai cara menciptakan kerja sama yang optimal anatar orang tua dengan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104008

Actions (login required)

View Item View Item