Upaya meningkatkan kemampuan menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 kota Malang / Didik Rohmani Prasetiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kemampuan menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 kota Malang / Didik Rohmani Prasetiawan

Prasetiawan, Didik Rohmani (2011) Upaya meningkatkan kemampuan menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 kota Malang / Didik Rohmani Prasetiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Realistik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada umumnya guru matematika terpaku pada metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Hal ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan dengan metode ceramah hasil belajar siswa menjadi rendah banyak yang belum mencapai ketuntasan belajar dan aktivitas siswa cenderung pasif. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran Matematika tentang pemahaman dalam menentukan KPK dan FPB pada siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran Matematika tentang pemahaman dalam menentukan KPK dan FPB melalui pendekatan matematika realistik (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dalam menentukan KPK dan FPB melalui pendekatan matematika realistik. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus (siklus I dan siklus II). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lesanpuro 3 dengan jumlah siswa 31. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik mampu meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 51 19% meningkat pada siklus 2 menjadi 80 64% dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 64 5 meningkat pada siklus II menjadi 87 09. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa guru Matematika hendaknya menerapkan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran Matematika sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104007

Actions (login required)

View Item View Item