Penerapan model kooperatif TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwantoro 2 kota Malang / M. Ali Ridlo S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model kooperatif TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwantoro 2 kota Malang / M. Ali Ridlo S.

Ridlo S., M. Ali (2011) Penerapan model kooperatif TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwantoro 2 kota Malang / M. Ali Ridlo S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran TAI Aktivitas Hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 15 Februari 2011 yang peneliti temukan pada kegiatan pembelajaran IPS di kelas IV SDN Purwantoro 2 Kota Malang diantaranya (1). sebagian besar metode yang digunakan guru sudah cukup baik namun masih didominasi dengan ceramah pemberian tugas dan menghafal (2). hasil belajar siswa kelas IVA masih kurang maksimal hal ini. Dengan mengacu pada tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan penerapapan model pempelajaran TAI (2) peningkatan aktivitas belajar siswa. (3) peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Widyawati (2009) menunjukkan bahwa penerapan model TAI dapatmeningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI A 3 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam lebih dari siklus. Model siklus PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggert Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan teknik observasi sedangkan hasil belajar melalui tes disetiap akhir pertemuan. Nilai rata-rata siswa kelas IV A SDN Purwantoro 2 Malang sebelum dilakukan pembelajaran dengan metode TAI masih belum mencapai Standar Ketuntasan Minimum yang telah ditetapkan yaitu 75. skor rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti kegitan pelajaran IPS pada siklus I penerapan model TAI (Team Assisted Individualization) adalah 71 dan hasil belajar siswa yang telah tuntas belajar sebesar 38% (10 siswa) dan yang belum tuntas belajar sebesar 61% (16 siswa). Jadi dapat disimpulkan belum mencapai standar ketuntasan klasikal sebesar 75 % hasil pada siklus II untuk aktivitas siswa adalah 75 dan hasil belajar siklus II ini terdapat 25 siswa yang sudah tuntas KKM sebesar 70 00 (100 %).. Setelah dilakukan penerapan model TAI Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari 28 siswa kelas IVA terdapat peningkatan aktivitas siswa dari aspek keaktifan keberanian dan kerjasama. Skor aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 4 % sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38 %. Kesimpulan peneliti bahwa model TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran TAI pada matapelajaran lain agar diperoleh hasil penelitian yang lebih mewakili dari hasil penelitian ini. penelitian ini dapat dijadikan acuan atau rujukan bagi peneliti lain dalam melaksanakan dan mengembangkan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104005

Actions (login required)

View Item View Item